ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas NAPZA di Cianjur

Jumat, 10 Maret 2023

Kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai tata cara pembuatan surat keterangan bebas NAPZA. Ada beberapa lembaga yang berhak mengeluarkan bebas surat NAPZA ini, diantaranya yaitu BNN, LABKESDA dan Rumah sakit, itu yang saya tahu, sisanya saya kurang tahu.

Surat keterangan ini biasanya dibutuhkan untuk berbagai jenis keperluan, baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun dengan pendidikan, atau bisa juga keperluan lainnya. Cara pembuatannya pun sangat gampang dan tidak membutuhkan  waktu yang lama. Supaya lebih jelas berikut penjelasannya.

Menyiapkan Persyaratan

Sebelum memutuskan berangkat untuk membuat surat keterangan bebas NAPZA, alangkah lebih baik kita harus mengetahui persyaratan apa saja yang perlu disiapkan. Supaya saat diminta nanti kita tidak kebingungan, apalagi harus pulang lagi gara-gara tidak membawa persyaratannya.

Persyaratan untuk membuat surat keterangan bebas NAPZA ini terbilang sangat mudah, yaitu hanya perlu menyiapkan fotokopi KTP dan pas foto berukuran 3 x 4 satu lembar. Saya membuat surat keterangan bebas NAPZA ini di LABKESDA Cianjur yang beralamt di Jl. Raya Bandung, atau dekat perempatan Bojong. Sepertinya di lembaga lain pun syaratnya tidak akan jauh berbeda.

Biaya pembuatan Surat Keterangan NAPZA

Setelah menyerahkan persyaratan yang diminta, selanjutnya kita akan diminta biaya administrasi. Biaya administrasi di LABKESDA ini terdiri dari dua jenis, bergantung pada parameter yang dibutuhkan oleh pemohon.

Pertama kategori 4 paramater, biaya yang perlu dikeluarkan sebsesar Rp. 100.000,00. (seratus ribu rupiah) saja. Sedangkan yang kedua yaitu kategori 6 parameter dengan biaya yang perlu dikeluarkan yaitu Rp. 150.000,00  (seratus lima puluh  ribu rupiah).

Kalian harus pastikan, berapa parameter yang dibutuhkan, supaya nantinya tinggal memilih saja sesuai kebutuhan. Saya tidak tahu apakah biaya administrasi ini sama atau tidak di setiap daerah, termasuk jika membuatnya di lembaga yang berbeda seperti rumah sakit dan juga BNN. Harusnya sih tidak jauh berbeda ya?.

Perlu kalian ketahui juga saya membuatnya ini di tahun 2022, tidak tahu biaya di masa yang akan datang. Kemungkinan akan menyesuaikan juga seiring dengan perkembangan zaman.

Pengambilan sampel urine

setelah membayar biaya administrasi, selanjutnya kita akan diberikan wadah kecil untuk pengambilan sampel urine. Pengambilan sampel urin ini dilakukan oleh diri sendiri di tempat khusus (toilet). Ya masa dibantu orang lain.

Isinya tidak perlu penuh, sperempatnya juga sudah cukup, selanjutnya jika sudah mengambil sampel urine kita tinggal menyerahkan kembali kepada petugas. Selanjutnya urine kita akan dianilisis.

Pastikan juga, sebelum kita membuat surat keterangan bebas NAPZA, sebaiknya tidak mengonsumsi obat-obatan terlebih dahulu. Atau, jika terlanjur sudah mengonsumsi obat tertentu, perlu disampaiakan kepada petugas lab, agar mereka mengetahui informasi tersebut.

Lama Pembuatan

Proses pembuatan surat keterangan bebas NAPZA ini tidaklah lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja, kecuali memang harus antri, lain lagi ceritanya.

Kita hanya diminta menunggu beberapa saat saja, setelah itu jika hasilnya sudah didapat maka akan segera keluar surat keterangan bebas NAPZAnya. Biasanya kita diminta untuk memeriksa identitas kita terlebih dahulu, memastikan tidak ada yang salah dalam identitas tersebut.

Jika sudah, nanti pihak lab akan meminta kita untuk memperbanyak surat tersebut  dengan cara difoto copy. Setelah itu, pihak lab akan melegalisir dan meminta satu salinan untuk arsip, sisanya kita bawa pulang, dan selesai!

Kesimpulan

Apabila disimpulkan, tahapan pembuatan surat keterangan bebas NAPZA di LABKESDA yaitu:

  • Menyiapkan pas foto 3 x 4 dan foto copy KTP
  • Mengisi buku tamu
  • Membayar biaya administrasi
  • Mengambil sampel urine
  • Memperbanyak surat keterangan bebas NAPZA
  • Legalisir dan menyerahkan satu lembar kepada petugas untuk arsip
  • Pulang

Demikian infomasi mengenai cara pembuatan surat keterangan bebas NAPZA di LABKESDA, khususnya di Cianjur. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar