ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Mengenal Mata Kuliah di PPG Prajabatan Model Baru

Selasa, 14 Februari 2023

Mata Kuliah PPG Prajabatan

Sobat pendidikan, sebelumnya sudah dijelaskan mengenai perbedaan anatara PPG Prajabatan Model Baru dengan PPG Prajabatan biasa yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Kali ini akan dijelaskan mata kuliah apa saja yang ada pada program PPG Prajabatan Model baru ini.

Sebagai mana kita ketahui, bahwa PPG Prajabatan adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi lulusan sarjana maupun diploma IV, baik dari kependidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, tidaklah mudah, harus melewati beberapa tahapan, salah satu tahapannya yaitu harus mengikuti pendidikan selama dua semester atau kurang lebih satu tahun di LPTK yang telah ditentukan. Selama mengikuti pendidikan, mahasisiwa PPG Prajabatan ini diharuskan mengambil mata kuliah tertentu yang telah ditetapkan.

Secara umum, mata kuliah dalam PPG Prajabatan ini terdiri dari tiga jenis, yaitu mata kuliah inti, mata kuliah selektif dan mata kuliah elektif.  Total mata kuliah yang harus diambil yaitu sebanyak 39 SKS selama dua semester atau kurang lebih satu tahun, dengan perkuliahan dilaksanakan secara hybrid yaitu luring dan daring.

Supaya lebih jelas mengetahui perbedaan antara mata kuliah inti, selektif dan elektif, maka akan dijelaskan satu persatu. Mata kuliah inti merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa dan harus lulus sebagai bagian dari pemenuhan persyaratan kelulusan program PPG Prajabatan. Sedangkan Mata kuliah pilihan selektif merupakan mata kuliah yang dipilih oleh mahasiswa dari sejumlah pilihan yang disediakan oleh LPTK. Mata kuliah pilihan selektif berasal dari daftar mata kuliah pilihan program PPG Prajabatan yang ditetapkan secara Nasional.

Terakhir, mata kuliah pilihan elektif merupakan mata kuliah yang dipilih oleh mahasiswa dari daftar mata kuliah pilihan program PPG prajabatan yang ditetapkan secara nasional atau dari mata kuliah yang dikembangkan perguruan tinggi secara mandiri.

Berikut adalah rincian mata kuliah yang ada dalam Program PPG Prajabatan Model Baru, yang terdiri dari mata kuliah inti, selektif dan elektif.

Mata Kuliah Inti

 SKS

Filosofi Pendidikan Indonesia

2

Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajarannya

3

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif  I

3

Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif  II

3

Pembelajaran Sosial dan Emosional

3

Seminar Pendidikan Profesi Guru

1

Proyek Kepemimpinan I

1

Proyek Kepemimpinan II

1

Praktik Pengalaman Lapangan I

6

Praktik Pengalaman Lapangan II

10

Mata Kuliah Selektif

SKS

Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran

2

Literasi Dasar

2

Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

2

Pengantar Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

2

Perancangan dan Pengembangan Kurikulum

2

Pembelajaran Berdiferensiasi

2

Pengajaran dan Pembelajaran Daring dan Bauran

2

Design Thinking

2

Computational Thinking

2

Itulah mata kuliah yang dipelajari selama kegatan PPG Prajabatan. Masing-masing mata kuliah yang dipelajari, akan terintegrasi dengan PPL. Jadi teorinya dipelajari dalam perkuliahan, praktiknya dilaksanakan dalam kegiatan PPL di sekolah mitra LPTK.

Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar