ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Rabu, 26 Juni 2024

Halo sobat Pendidikan! Di postingan kali ini kita akan bahas mengenai pengertian pertumbuhan dan perkembangan. Tentu ini sangat penting kita pahami sebelum lebih jauh membahas materi pertumbuhan dan perkembangan, baik pada hewan maupun pada tumbuhan.

Apakah kalian tahu touge? Pasti tahu dong, karena biasanya sering ditemukan pada makanan favorit warga +62, yaitu gehu, touge dalam tahu, betul tidak? Tapi kita tidak akan bahas gehunya ya, tapi taugenya. 

Kenapa biji kacang hijau bisa berubah menjadi taouge? Atau kita dulunya bayi, lalu kenapa kita sekarang jadi dewasa? Nah proses itulah yang akan kita pelajari dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, tapi kita akan fokuskan pada tumbuhan dulu ya.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup, dan kedunya selalu berjalan secara beriringan, dan tentu saja antara pertumbuhan dengan perkembangan itu memiliki pengertian yang berbeda.

Pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah sel, masa, serta volume pada tumbuhan. Seperti pada touge tadi, awalnya hanya biji, lalu setelah mengalami imbibisi, yaitu masuknya air ke dalam biji, memacu biji untuk mengalami proses metabolisme yang meningkat, sehingga menyebabkan biji tersebut berkecambah menjadi touge. 

Saat biji mengalami pertumbuhan menjadi touge, tentu jumlah sel, massa, serta volumenya terus bertambah sampai tumbuhan itu menjadi dewasa. 

Proses pertumbuhan ini memiliki sifat yang dikenal dengan irreversible, artinya adalah tidak dapat kembali ke semula. Biji yang sudah berubah menjadi kecambah tidak mungkin kembali lagi menjadi biji, yang ada akan terus tumbuh sampai dewasa, selama nutrisinya terpenuhi. 

Selain itu, pertumbuhan juga bersifat  kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif artinya dapat diukur dengan alat ukur dan hasilnya dapat disajikan dalam bentuk angka. Nah kalau pada tumbuhan, alat untuk mengukur kecepatan pertumbuhannya disebut dengan auksanometer. 

Sedangkan yang dimaksud dengan kualitatif adalah dapat dideskripsikan saja tetapi tidak dapat diukur atau dihitung dengan alat ukur. Ngerti ya?

Nah setelah kita bahas pengertian pertumbuhan, maka selanjutnya kita bahas perkembangan. Yang dimaksud dengan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan. 

Berebeda dengan pertumbuhan, perkembangan bersifat reversible dan kualitatif. Reversible artinya dapat kembali ke semula atau ke awal, sedangkan yang dimaksud dengan kualitatif adalah dapat dijelaskan atau dideskripsikan tetapi tidak dapat dihitung atau diukur. 

Contoh perkembangan pada tumbuhan adalah sel yang mengalami pertumbuhan tadi, akan mengalami diferensiasi membentuk akar, batang, daun, bahkan bunga, proses munculnya organ-organ tersebut merupakan contoh dari pertumbuhan. Dan suatu tumbuhan dikatakan sudah dewasa apabila sudah siap mengalami fertilisasi.

Nah sekarang kita sudah bisa kan membedakan pertumbuhan dengan perkembangan? Selanjutnya kita bahas tentang faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Tonton juga video tentang pertumbuhan dan perkembangan berikut ini:



Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar