ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membuat Blog Dengan Mudah dan Indah

Jumat, 17 Februari 2023

Sobat Pendidikan, kali ini Kang Din, admin paling ganteng mau berbagi informasi mengenai cara pembuatan blog agar terlihat rapi dan keren. Bagi sebagian orang mungkin tulisan ini tidak penting karena dianggap mudah dan sudah bisa, tetapi sebagian lagi mungkin tulisan ini dianggap bermanfaat. Oleh sebab itu, tulisan ini dikhususkan bagi golongan yang terakhir ini.

Tanpa basa basi lagi, mari disimak penjelasannya ya!

Membuat Blog

  1. Siapkan email
  2. Kunjungi laman blogger.com dan klik “BUAT BLOG ANDA”

  3. Setelah diklik, akan diarahkan menuju pilihan email yang akan digunakan, silakan masukan email dan paswoordnya. Ingat, passwordnya jangan sampai lupa!

  4. Jika sudah, Anda akan diminta untuk mengisi form nama tampilan dan mengonfirmasinya. Silakan isi sesuai yang Anda inginkan. Jika sudah, Anda akan memasuki dashboar blog Anda.

  5. Selanjutnya, pada Dashboard blog sebelah kiri atas, klik “Buat Blog”

  6. Lalu akan muncul formulir untuk nama blog Anda, silakan isi sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah, akan muncul formulir untu url atau alamat blog Anda.

  7. Pada bagian ini, isikan url atau alamat blog yang Anda inginkan. Bagian ini tidak bisa diubah, pastikan Anda mengisinya dengan benar. Usahakan alamat blog Anda unik, jangan terlalu panjang (kalau bisa satu kata saja), serta mudah diingat. Pada bagian ini, jika alamat blog Anda tidak tersedia, maka akan ada keterangan “Maaf, alamat blog ini tidak tersedia”. Sebaliknya, jika tersedia akan ada keterangan “Alamat blog ini tersedia”. Jika tersedia, tinggal dilanjut dengan cara klik “SIMPAN”
  8. Selamat, blog Anda sudah tercipta! Perhatikan pada dashboard blog sebelah kiri, di sana ada beberapa bagian penting untuk mengelola blog.

Pilih Tema

Selanjutnya, supaya blog Anda terlihat keren sesuai karakter dan identitas Blog Anda, yaitu memilih tema atau template. Pemilihan tema ini sangat penting, karena selain menunjukkan karakter dan identitas blog Anda, juga mempengaruhi kualitas Blog Anda di mesin pencarian, lebih jauhnya lagi akan mempengaruhi penghasilan Anda jika sudah dimonetisasi.

Baca Juga: Manfaat Menjadi Blogger

Ada dua jenis tema yang bisa digunakan, yang gratis dan ada juga yang premium alias berbayar. Bagi yang menggunakan tema gratis hati-hati, jangan asal menggunakan, sebab khawatir disisipi oleh skrip yang membahayakan pada blog Anda. Jika ingin menggunakan yang gratis, gunakan saja tema yang disediakan oleh blogger, ini yang akan dibahas sekarang.

Atau bagi blognya yang sudah berkembang, silakan beli tema premium dari penyedia yang terpercaya, ada banyak dengan harga dan kualitas yang beragam, saya kasih bocoran penyedia tema atau template blog yang terkenal ada mas sugeng, kang adhy dari kompi ajaib, arlina, igniel, dunia blanter, bung frangki, dan lain sebagainya.

Kembali lagi ke topik utama, di sini kita akan memilih tema gratis yang disediakan oleh blogger, caranya tinggal klik menu “Tema” pada dashboard blog sebelah kiri (lihat gambar terakhir di atas), nanti akan diarahkan menuju banyak pilihan tema, ada ContempoSohoEmporioNotableEssential dan lain sebagainya. Skrol saja ke bawah lalu pilih sesuai karakter dan identitas blog Anda.

Setelah memilihnya, bisa dilihat pada pratinjau/preview atau langsung diterapkan. Nah sekarang tampilan blog Anda sudah jauh lebih keren. Selanjutnya tinggal membuat menu navigasi pada blog Anda, menu navigasi juga tidak kalah pentingnya bagi sebuah blog. Untuk mengetahui cara membuat menu navigasi pada blog, silakan klik pada tautan Cara Membuat Menu Navigasi Pada Blog.

Penutup

Itulah cara membuat blog blog dengan mudah pada blogger. Selain itu, juga dilengkapi dengan informasi mengenai pemilihan tema, supaya blog yang anda buat terlihat sesuai dengan karakter dan identitas blog Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan terima kasih.

Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar