ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Manfaat Menjadi Blogger

Kamis, 16 Februari 2023

Manfaat Menjadi Blogger

Blogger merupakan sebutan bagi orang yang menekuni dunia blog. Blog sendiri merupakan kependekan dari kata weblog yang awalnya digunakan untuk membahas komentar pribadi tentang topik tertentu.

Di dalam blognya, seorang blogger bisa berbagi informasi dalam beberapa media, baik itu teks, visual maupun video. Hal ini bergantung pada kreatiftas serta tema atau topik yang dikembangkan oleh masing-masing blogger.

Lalu apa manfaatnya jika Anda menjadi seorang blogger? Ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh seorang blogger. Berikut akan disampaikan beberapa manfaat menjadi seorang blogger berdasarkan pada  pengalam penulis.

Menyalurkan Hobi

Bagi yang memiliki hobi menulis, mendesain gambar, atau mengolah video, blog bisa menjadi alternatif untuk menyalurkan hobi tersebut. Karena sejatinya blog adalah tempat berbagi media baik berupa teks, gambar maupun video.

Selain itu, dari hobi ngeblog banyak juga yang sukses, sebut saja Raditya Dika, Pidi Baiq, Gita Savitri dan masih banyak lagi yang lainnya. Mereka mengawali kesuksesannya dengan menuangkan gagasan pada blog yang mereka miliki.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Dunia blog tidak akan lepas dari dunia tulis menulis. Karena awalnya dikembangkan untuk menuangkan gagasan tentang topik tertentu dalam bentuk tulisan. 

Semua orang dapat menulis, tetapi tidak semua orang dapat menulis dengan baik, sebab keterampilan menulis ini harus terus dilatih untuk bisa menghasilkan tulisan yang baik dan enak dibaca. Menjadi seorang blogger, semakin rajin menulis tentu keterampilan menulisnya pun akan semakin terasah, sehingga dapat menghasilkan tulisan yang baik.

Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan Mudah dan Indah

Meningkatkan Kreatifitas

Menjadi seorang blogger, dituntut memiliki kreatifitas yang tinggi. Mulai dari proses pembuatan blog, mendesain tampilan blog, menentukan tema blog, serta membuat isi blog itu sendiri, perlu kreatiftas yang tinggi. Dengan demikian, secara tidak langsung, seorang blogger akan selalu meningkatkan kreatifitasnya supaya blog yang dirancangnya bisa tampil menarik, dan berisi konten yang menarik pula.

Berbagi Informasi

Blog adalah media yang tepat untuk berbagi informasi. Saat ini jika anda ingin mengetahui suatu informasi menganai topik tertentu, pasti hal yang pertama Anda lakukan adalah mencarinya di internet, nantinya Anda akan diarahkan menuju blog yang berisi informasi yang diinginkan tersebut. 

Bagi Anda yang memiliki keterampilan tertentu, atau menguasai suatu bidang tertentu dan ingin berbagi dengan orang lain secara luas, salah satunya bisa dilakukan dengan blog. Sehingga orang lain, bisa dengan mudah mengaksesnya melalui blog yang Anda miliki.

Meningkatkan Eksistensi di Dunia Maya

Selain itu, blog juga bisa menignkatkan eksistensi Anda di dunia maya. Blog bisa diintegrasikan dengan berbagai sosial media yang lain. Sehingga dapat terkoneksi satu sama lain. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan terutama bagi Anda yang ingin menjadikan dirinya sebagai brand, atau justru ingin memperkenalkan brand miliki Anda. Dengan demikian, Anda atau brand Anda bisa cepat dikenal oleh dunia luas.

Media Diskusi

Blog bisa juga dijadikan ajang tempat diskusi melalui kolom komentar yang telah disediakan. Jika Anda melihat blog-blog besar, baik itu yang berkaitan dengan dunia pendidikan, kesehatan, berita dan lain sebagainya, banyak terjadi diskusi yang menarik di dalamnya. Hal ini tentu dapat menambah pengetahuan dan belajar menuangkan gagasan melalui tulisan.

Mencari Uang

Terakhir, blog juga bisa digunakan sebagai sarana mencari uang. Bagaimana caranya?  Banyak cara, bisa memanfaatkan google adsense, menjadi affiliator dengan flatform besar, atau justru blog anda sendiri yang dijadikan sebagai tempat jualan. Hal ini tentu dapat menambah penghasilan.

Salah satu keuntungan menggunakan flatform blogger dalam membuat blog, salah satunya bisa langsung mendaftarkan blog Anda pada program google adsense. Dengan catatan, blog Anda sudah rapi. Rapi di sini maksudnya blog yang Anda sudah miliki tema yang bagus, menu navigasinya jelas, isinya berbobot, dan postingannya sudah banyak dan berkualitas, tinggal ajukan saja menjadi partner google adsense.

Penutup

Itulah manfaat menjadi seorang blogger, semoga tulisan ini menjadi motivasi bagi Anda untuk menjadi seorang Blogger, terutama bidang pendidikan. Saya selalu ingat ucapan dosen saya beberapa waktu lalu, dia mengatakan kurang lebih seperti ini “Dunia maya ini harus diisi dengan konten yang bermanfaat sebanyak-banyaknya, supaya anak didik Anda menemukan konten yang bermanfaat saat mengaksesnya”. Sekian curhatan dari saya terima kasih.


Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar