ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Membuat Menu Navigasi Pada Blog

Selasa, 21 Februari 2023

 

Salah satu hal penting dalam membuat blog yaitu menu navigasi. Dari namanya saja sudah jelas ya, bahwa menu navigasi ini berfungsi untuk menyajikan informasi mengenai isi dari blog yang dikunjungi. Dengan mengklik menu navigasi, pengunjung akan menuju kelompok postingan sesuai kategori tertentu.

Bagi pemilik blog, menu navigasi ini berfungsi mengelomokkan tulisan atau postingan dengan kategori tertentu. Nantinya bisa diintegrasikan dengan label saat membuat postingan. Selain itu, menu navigasi ini bisa berfungsi untuk memperindah tampilan blog, asal dikelola dengan baik.

Beberapa blogger membuat menu navigasi ini dengan jumlah  yang banyak, sedangkan blogger yang lain membuat menu navigasi yang minimalis. Hal ini bergantung pada selera pemilik blog itu sendiri apakah menyukai yang rame atau yang minimalis. 

Dalam membuat menu navigas ini, sangat dipengaruhi oleh tema atau template yang digunakan. Sebab ada yang pengaturannya di menu "tata letak" ada juga yang pengaturannya harus "edit html". Jika menggunakan tema yang disediakan oleh blogger, pengaturannya terdapat di tata letak. Sedangkan jika menggunakan template premium yang berbayar, atau selain yang disediakan oleh blogger biasanya pengaturannya harus di edit html.

Dalam postingan kali ini akan dibahas cara membuat menu navigasi dengan tema atau template bawaan dari blogger. Kenapa memilih tema bawaan? jawabannya karena gratis, sesuai standar dan tampilannya juga kece-kece. Oke tanpa basa-basi langsung saja kita mulai membuat menu navigasi.

Pilih tema

Tema yang digunakan dalam tutorial kali ini yaitu menggunakan tema bawaan dari blogger alias yang gratis, selain tampilannya kece-kece, sesuai standar, juga banyak pilihan. Silakan Anda pilih salah satu sesuai selera masing-masing. Jika butuh tambahan referensi, Anda juga bisa membaca artikel Cara Membuat Blog Dengan Mudah dan Indah. 


Tema yang disediakan oleh blogger sangat variatif, tinggal memilihnya. Skrol saja ke bawah ada banyak pilihan, seperti Contempo, Soho, Emporio, Notable dan lain-lain. usahakan Anda tidak menggonta ganti tema, sebab akan memengaruhi eksistensi blog Anda di pencarian.

Membuat Menu Navigasi

Setelah Anda memilih tema, sekarang kita akan membuat menu navigasinya. Pastikan Anda sudah memiliki rencana yang pasti, akan menampilkan menu apa saja pada blog Anda, sebab jika tidak dipikirkan dari sekarang justru Anda akan bingung sendiri saat membuatnya.

Di sini ada dua tahapan yang harus dilakukan, pertama membuat menu navigasi dan yang kedua mengintegrasikannya dengan label saat membuat postingan. Untuk membuat menu navigasi pada blog, ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik "Tata Letak"
  2. Pilih “Daftar Halaman (Atas)”
  3. Silakan buat menu sesuai keinginan, di sini saya membuat menu “tarvel” dan “tutorial”. Silakan atur posisinya sesuai keinginan, sebab bisa dipindah-pindah.
  4. Jika sudah, klik “Tampilkan Widget Ini” dan simpan

Mengkategorikan Postingan Dengan Label Sesuai Menu Navigasi

Meski menu navigasi sudah dibuat, tetapi saat ini belum berfungsi dengan baik, harus diintegrasikan dengan label saat membuat postingan. Jika postingannya sudah jadi, tinggal diedit dan isikan label yang diinginkan. 

Untuk mengintegrasikan label dengan menu navigasi, ikuti langkah berikut ini:

  1. Buat/edit postingan yang akan dikategorikan,
  2. Isi label sesuai menu navigasi, di sini saya isi dengan label “travel”
  3. Jika sudah, klik “Perbarui” atau “Publikasikan”

  4. Selanjutnya buka blog Anda, dan lihat postingan yang tadi diberi label, lalu cari label (biasanya di bagian bawah postingan)

  5. Klik label, di sini saya klik “travel”, setelah di klik nanti akan masuk pada halaman khusus sesuai label yang dibuat

  6. Salin url label tersebut

  7. Buka kembali tata letak dan masuk ke menu daftar halaman (Atas)
  8. Klik tanda pensil, setelah muncul pop up, pastekan url yang tadi copy
  9. Klik simpan

  10. Ulangi kegiatan tadi untuk menu navigasi yang lainnya, jika sudah, ke depannya tinggal membuat postingan dan mengisi label sesuai menu yang telah dibuat, secara otomatis postingan yang Anda buat akan terkategorikan sesuai menu navigasi yang telah dibuat.
Demikian cara membuat menu navigasi pada blog, selamat mencoba, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar. Wassalam.

Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar