ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Biaya Dan Tahapan Pembuatan Surat Keterangan Sehat Jasmani Dan Rohani Di Rumah Sakit Cianjur

Senin, 27 Maret 2023

Surat keterangan sehat jasmani dan rohani di Cianjur

Jika pada tulisan sebelumnya saya pernah menulis tentang cara pembuatan surat keterangan bebas NAPZA di Labkesda, kali ini saya akan bahas tentang biaya dan tahapan pembuatan surat keterangan sehat jasmani dan rohani di rumah sakit.

Persyaratan Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani di Rumah Sakit

Sebelum anda memutuskan untuk membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit, terlebih dahulu anda harus mengetahui persyaratannya, suapaya tidak bingung saat diminta persyaratannya.  Lalu apa saja syarat membuat surat keterangan  sehat jasmani dan rohani di rumah sakit?

Syaratnya sangat mudah, yaitu tinggal mempersiapkan kartu identitas saja, yaitu KTP, tidak ada yang lain. Atau persiapkan juga fotokopinya, khawatir jika diminta. Hanya itu persyaratannya. Selesai!

Biaya Dan Tahapan Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani di Rumah Sakit

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat surat keterangan sehat jasmani di rumah sakit yaitu harus mengambil nomor antrian pendaftaran. Jika bingung, anda bisa bertanya kepada petugas keamanan, yang nantinya akan memberikan arahan kepada Anda mengenai lokasi dan tahapan yang harus dilakukan.

Jika sudah mendapatkan nomor antrian, Anda akan di arahkan ke bagian pendaftaran poli kesehatan. Di sini Anda akan mengantri menunggu giliran dipanggil, jika yang mengantrinya sedikit makan akan lebih cepat untuk dipanggil.

Setelah anda dipanggil oleh petugas di loket pendaftaran poli umum, biasanya anda akan diminta menunjukkan kartu identittas, KTP. Selanjutnya jika sudah didata, anda akan diarahkan ke bagian kasir untuk membayar biaya administrasi cek kesehatan jasmani.

Biaya cek kesehatan jasmani di rumah sakit yaitu Rp. 27.000,00 (dua puluh tujuh ribu rupiah). Saya tidak tahu apakah biaya ini berlaku di semua rumah sakit pemerintah, atau biayanya bermacam-macam sesuai kebijakan rumah sakit masing-masing daerah, tapi biayanya kurang lebih segitu.

Setelah membayar biaya administrasi, anda akan diarahkan menuju ruangan dokter pemeriksa. Biasanya anda akan diminta menunjukkan kartu identitas lagi. Setelah itu, anda akan ditimbang berat badan, diukur tinggi badan, dan diperiksa tensi darah dan yang lainnya sesuai yang diperlukan oleh dokter.

Jika sudah, selanjutnya anda akan diarahkan menuju cek kesehatan rohani dengan dokter dan ruangan yang berbeda. Untuk hasil dari cek kesehatan jasmani, biasanya tidak langsung diberikan, suratnya akan diproses saat kita menjalani cek kesehatan rohani.

Biaya dan Tahapan Pemembuatan Surat Keterangan Sehat Rohani Di Rumah Sakit

Setelah selesai cek kesehatan jasmani, selanjutnya kita harus mengetahui tahapan pembuatan surat keterangan sehat rohani dari rumah sakit. Setelah anda diarahkan menuju bagian cek kesehatan rohani, anda akan diverifikasi oleh petugas yang berjaga. Setelah verifikasi selesai selanjutnya anda akan diminta untuk kembali ke kasir untuk bayar biaya administrasi cek kesehatan rohani.

Biaya pembuatan surat keterangan kesehatan rohani di rumah sakit ini yaitu Rp. 275.000,00 (dua ratus tujuh puluh lima ribu). Entah sama atau berbeda tapi kisarannya kurang lebih segitu.

Jika sudah membayar biaya administrasi di kasir, selanjutnya akan dimminta mengisi kuisioner dan diwawancara langsung oleh dokter ahli jiwanya. Untuk kuisioner, ada dua jenis yang harus diisi, pertama kuisioner tentang kondisi kita saat ini dan beberapa hari ke belakang, jumlahnya sedikit dan pilihannya hanya “ya” dan “tidak” saja. Saya tidak tahu persis nama tesnya apa.

Sedangkan yang kedua yaitu kuisioner yang menguji kesehatan rohani kita. Untuk kuisioner yang kedua ini ada beberapa indikator yang diuji, jadi jumlah soal yang harus diisi juga lumayan banyak, seinget saya jumlah soal yang harus diisinya yaitu 180 atau 185 soal. Lumayan puyeng.

Jika sudah selesai mengisi kedua jenis kuisioner tadi, selanjutnya anda akan diwawancara oleh dokter  spesialis jiwa. Pertanyaannya sebenarnya sangat sederhana, seputar diri kita saja, sangat mudah, tinggal awab saja.

Setelah selesai semua tahapan dalam tes kesehatan rohani, kita diminta untuk menunggu hasilnya,jika sudah, anda akan kembali diarahkan ke dokter awal (tes kesehatan jasmani) untuk mengambil hasilnya. Sebelum final, biasanya kita diminta memeriksa apakah data yang dibuat sudah sesuai atau belum, pastikan nama, alamat dan identitas lainnya sudah sesuai, supaya tidak jadi masalah di kemudian hari.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai biaya dan tahapan cara pembuatan surat keterangan sehat jasmani dan rohani di rumah sakit. Anda tinggal datang ke rumah sakit, mengambil nomor natrian di poli umum, bayar biaya administrasi di kasir, pemeriksaaan kesehatan  jasmani, pemeriksaan keehatan rohani dengan cara mengisi kuisioner dan wawancara dan selesai.

Semoga informasi ini bermanfaat,  wasalam.

Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar